Effectiveness of powerpoint learning media on students’ learning outcomes on basic mechanical engineering

Authors

  • Zafira Nurramadhani Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Padang, INDONESIA
  • Remon Lapisa Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Padang, INDONESIA
  • Primawati Primawati Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Padang, INDONESIA
  • Sri Rizki Putri Primandari Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Padang, INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.24036/meej.v1i4.45

Keywords:

Effects, PowerPoint, , Learning Outcomes

Abstract

The problem in this analysis is how effective the use of Power Point as a learning media is on student learning outcomes in Basic Knowledge of Mechanical Engineering (PDTM) subjects. The purpose is to test the effectiveness of Power Point media in improving student learning outcomes in PDTM subjects at SMK Negeri 2 Bengkulu City. The results showed that Power Point learning media had a high level of effectiveness, with a normalised gain index of 0.71, while traditional learning media had low effectiveness with a normalised gain index of 0.13. The mean learning outcomes tested by T-test supported this finding > or 18.857 > 2.011. The conclusion is rejected and accepted. It is proved as the iPowerPoint learning media is effective in improving students' learning outcomes in the PDTM subject of SMK Negeri 2 Kotai Bengkulu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers. Dalam bukunya, Arsyad menjelaskan bahwa media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan dalam proses pendidikan untuk menyampaikan informasi dan memudahkan pemahaman materi. Ia menekankan pentingnya pemilihan media yang tepat untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bukit, M. (2014). Strategi Dan Inovasi Pendidikan Kejuruan. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dewa Gede Baskara, Ni Putu Emy Darma Yanti, & Ida Ayu Md Vera Susiladewi. (2020). "Training to Improve Knowledge, Skills and Behaviors of Healthcare Associated Infections Preventions in Nurses." Indonesian Journal of Global Health Research, Vol. 2 No. 3. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental dengan pre-test dan post-test untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan pada pengetahuan dan perilaku perawat dalam pencegahan infeksi terkait perawatan kesehatan.

Fitriana, R., & Suryadi, A. (2022). "Statistik Deskriptif sebagai Dasar Analisis Data dalam Penelitian Pendidikan." Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 8(2), 89-97.

Hake, R. R. (2019). "Analyzing Change/Gain Scores in Research." Journal of Educational Research, 15(2), 191-202.

Kahn, A., Zainal, A., & Oktaviani, R. (2021). "Multimedia dalam Presentasi: Meningkatkan Keterlibatan Audiens." Jurnal Komunikasi dan Media, Vol. 15 No. 3. Penelitian ini menjelaskan bahwa elemen multimedia dalam presentasi dapat meningkatkan keterlibatan audiens, serta bagaimana PowerPoint memungkinkan integrasi berbagai format media untuk pengalaman belajar yang lebih dinamis. ).

Kim, J., & Choi, M. (2021). "Using the Independent t-test and Paired t-test in Small Sample Research." Journal of Modern Applied Statistical Methods, 20(1), 14-29.

Maulana, M., Sutrisno, E., & Rachmawati, A. (2020). "Pengaruh PowerPoint terhadap Keterampilan Presentasi Mahasiswa." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 7 No. 2. Penelitian ini menunjukkan bagaimana PowerPoint memfasilitasi penyampaian informasi secara menarik dan interaktif, serta pentingnya desain slide yang baik untuk menarik perhatian audiens.

Meltzer, D. E., & Thornton, R. K. (2020). "Evaluating Instructional Effectiveness Using the N-Gain Method." Physics Education Research, 25(1), 123-136.

Nuryadi, Dewi Astuti, T., Sri Utami, E., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian (1 ed.). Yogyakarta: Sibuku Media.

Purwanto, S. (2016). "Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Lancang Kuning." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 1 No. 2. Dalam penelitian ini, Purwanto menjelaskan bahwa hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah menerima pengalaman belajarnya, yang mencakup interaksi dengan lingkungan yang menyebabkan perubahan perilaku yang dapat diukur

Samuels, M. L., & Witmer, J. A. (2020). "Statistics for the Life Sciences." 5th Edition, Pearson Education.

Setyawan, E. (2019). "Penguasaan PowerPoint dan Keterampilan Komunikasi." Jurnal Ilmiah Komunikasi, Vol. 11 No. 1. Dalam studi ini, Setyawan menekankan bahwa penggunaan PowerPoint yang efektif dapat meningkatkan keterampilan komunikasi, penting dalam konteks akademik dan profesional.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Asdi Mahasatya. Dalam bukunya, Slameto menjelaskan bahwa faktor cara belajar sangat mempengaruhi hasil belajar siswa, di mana cara belajar yang aktif dan partisipatif dapat meningkatkan minat dan keberhasilan siswa dalam proses belajar

Sudira, P. (2012). Filosofi Dan Teori Pendidikan Vokasi Dan Kejuruan. Yogyakarta: Uny.

Sutrisno. (2013). "Pentingnya Soft Skills dalam Dunia Kerja." Di dalam: E. Mulyasa. (2005). Kompetensi dalam Pendidikan Vokasi.

Wibowo, A., & Lestari, D. (2024). "Uji t sebagai Alat Analisis Statistik dalam Penelitian Pendidikan." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 34-40.

Winarni, W. (2018). "Quasi-experimental Design: Mengkaji Pengaruh Intervensi tanpa Randomisasi." Jurnal Metodologi Penelitian. Penelitian ini membahas karakteristik dan penggunaan desain quasi-experimental, yang memungkinkan manipulasi variabel bebas dan pengamatan efeknya pada variabel terikat tanpa randomisasi ketat.

Xu, Q., Xu, J., & Zhang, W. (2021). "A Robust Levene’s Test of Equality of Variances under Heteroscedasticity and Non-Normality." Communications in Statistics - Simulation and Computation, 50(2), 571-586.

Downloads

Published

Nov 15, 2024

How to Cite

Nurramadhani, Z., Lapisa, R., Primawati, P., & Primandari, S. R. P. . (2024). Effectiveness of powerpoint learning media on students’ learning outcomes on basic mechanical engineering. Mechanical Engineering Education Journal, 1(4), 93–100. https://doi.org/10.24036/meej.v1i4.45